Minggu, 08 Desember 2019

KUE APEM


foto: fimela.com

Kue apem sudah tidak jarang lagi dikenal dimasyarakat, terutama diwilayah Jawa Timur. Kue apem adalah kudapan yang memilki rasa manis legit, beraroma khas santan kelapa, bertekstur lembut, dan berwarna putih kecoklatan memang diminati oleh seluruh lapisan masyarakat. Kenampakan fisik kue apem memang hampir mirip dengan kue Surabi, akan tetapi bentuknya lebih tebal.
Kue apem termasuk kedalam kudapan tradisional yang umumnya disajikan di berbagai acara. Kue apem memang tidak lepas dari tradisi atau acara adat istiadat maupun acara keagamaan lainnya. Kue apem disajikan dalam berbagai acara mulai dari khitanan, perkawinan, selamatan, hari-hari besar keagamaan, hingga acara duka.
Kue apem biasanya dibuat dalam skala rumah tangga, dan hanya dibuat apabila ada hajat atau acara-acara tertentu. Akan tetapi, untuk saat ini, sangat mudah sekali memperoleh kue apem tersebut. Kue apem sudah banyak dijumpai di pasar-pasar dan di penjual kue-kue tradisional dengan harga yang relatif terjangkau. Harga kue apem relatif terjangkau, biasanya kue apem dijual perbuah dan dikemas dengan plastik dengan harga Rp. 1.000 hingga Rp. 2.000 dengan ukuran dan diameter yang berbeda.

Bahan-bahan untuk pembuatan Kue Apem:
500 g tepung beras, 125 g tepung terigu, 6 g ragi instan, 250 g gula pasir, 1000 mL santan cair, potongan nangka, dan ½ sdt garam.

 Cara Pembuatan Kue Apem:
1. Melarutkan ragi instan dalam 5 sendok makan air hangat, sisihkan sejenak.
2. Merebus gula pasir dengan santan sampai mendidih dan gula larut sambil di aduk, diamkan sampai dingin.
3. Mencampurkan tepung beras, tepung terigu, ragi yang sudah dilarutkan dan air hangat dalam satu wadah.
4. Mengulek bahan yang sudah yang sudah dicampur sampai kalis kira-kira selama 10-15 menit.
5. Menuangkan santan kedalam adonan sambil di aduk hingga merata, diamkan adonan selama 1 jam, dan tambahkan potongan buah nangka secukupnya.
6. Menuangkan adonan kedalam cetakan yang sudah dipanaskan, lalu panggang dengan api sedang.
7. Mengangkat kue apem yang sudah matang, dan keluarkan dari cetakan.
8. Kue apem siap disajikan.

Karya: Nanang Hamzah



0 komentar:

Posting Komentar