Sabtu, 07 Desember 2019

AREM-AREM




Arem-arem adalah jajanan tradisional yang memiliki rasa gurih dan agak asin, bertekstur lembek, serta bewarna putih seperti lemper. Arem-arem terbuat dari beras, dimana beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Arem-arem telah eksis ditemukan di Daerah Jawa, khususnya Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Hal yang mendasari dalam penciptaan produk arem-arem adalah bahan dasar pembuatan arem-arem yang mudah dijumpai dan masih terjaga kealamiannya.
Arem-arem memiliki perbedaan yang mendasar dengan lemper. Arem-arem bahan dasarnya adalah beras, sedangkan lemper bahan dasarnya adalah ketan. Tekstur arem-arem lebih lembek daripada lemper, karena bahan baku utamanya adalah beras sehingga arem-arem memiliki sifat lengket dan mudah berpisah setelah proses pengukusan, sedangkan lemper terbuat dari ketan yang memiliki sifat agak keras dan agak sulit untuk berpisah setelah proses pengukusan. Harga arem-arem berkisar antara Rp 1.500 hingga 2.500.

Bahan- bahan yang digunakan untuk pembuatan arem-arem:
500 gram beras, 700 ml santan, 4 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 1 sendok teh ketumbar, 4 butir kemiri, lada bubuk secukupnya, gula, garam, kaldu ayam secukupnnya, 3 lembar daun salam, 3 batang serai, 200 gram wortel, dan bunga kol cincang halus secukupnya dan daun pisang.

Cara Pembuatan arem-arem:
1. Beras dimasak besama santan, garam, daun salam, dan batang serai hingga menjadi nasi aron (nasi yang setengah matang), kemudian diangkat dan ditiriskan
2. Bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, gula, garam, daun salam, daun jeruk, dan sebatang serai ditumis hingga mengeluarkan aroma, kemudian menambahkan daging ayam suwir, wortel, dan bunga kol. Lalu, memasukkan  santan kelapa dan masak hingga semua bahan matang serta bumbu meresap ke dalam daging ayam.
3. Menyiapkan daun pisang, kemudian mengisi dengan nasi aron sebanyak 3 sendok makan. Kemudian, menambahkan isian berupa ayam yang telah dimasak ke dalam nasi aron sebanyak satu sendok makan, kemudian membungkus nasi aron menggunakan  daun pisang dan  kedua ujung daun pisang disematkan  menggunakan batang lidi.
4. mengukus arem-arem selama 30 menit hingga matang. Arem-arem siap untuk disajikan dalam berbagai kegiatan.


Karya: Taufik Budiman

0 komentar:

Posting Komentar