Sabtu, 16 November 2019

Nasi Becek Nganjuk Punya

Foto: negerikuindonesia.com


Nasi becek merupakan hidangan makanan berat yang mirip dengan kari/kare kambing, namun disajikan seperti soto babat, yang didalamnya terdapat irisan kubis, kecambah dan potongan daging atau babat. Selain itu ditambahkan juga sate kambing sebagai menu pelengkapnya. Sehingga rasanya adalah perpaduan rasa kuah yang gurih dan rasa kunyit pada santannya menjadikan khas pada makanana ini. 

Nasi Becek ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan di atasnya juga terdapat aneka trancam seperti irisan kubis, seledri, dan kecambah, kemudian disiram dengan kuah. Tak hanya kuah tapi juga jeroan kambing seperti gajih (lemak) dan sedikit balungan (tulang belulang). Tauge pendek yang dicampurkan di dalamnya memberikan efek segar krenyes-krenyes. Seledri juga memberikan sentuhan aroma lain yang menyingkirkan aroma khas daging kambing yang biasanya agak prengus. Demikian pula taburan bawang merah gorengnya. Kuah Nasi Becek juga kelihatan cokelat seperti Rawon. Namun sedikit berlemak seperti Gulai. Nasi Becek jarang disajikan dalam acara-acara, melainkan dijual di daerah sekitar jalan Dr. Sutomo di Kota Nganjuk dengan harga Rp. 10.000 per porsi.

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat Nasi Becek ini adalah sebagai berikut:
Nasi putih hangat, kecambah, daging, kubis, santan, bawang merah, kemiri, daun jeruk, bawang putih, garam, gula pasir, ketumbar, merica, jahe, kunyit, kencur, dan lengkuas, cabe rawit, dan jeruk nipis.

Cara pembuatan Nasi Becek ini sebagai berikut:
1. Membuat Bumbu Halus
Menghaluskan 5 siung bawang merah, 5 Butir kemiri, 3 Siung bawang putih, 1 Sendok teh garam, 1 Sendok teh gula pasir, 1 Sendok teh ketumbar, 1 sendok teh merica, 1 ruas jari jahe bakar, 1 ruas jari kunyit bakar, 1 ruas jari kencur panggang, 1 ruas jari lengkuas kemudian menyangrai dan menambahkan 5 lembar daun jeruk 
2. Membuat kuah Nasi Becek
a. Merebus daging dengan santan encer hingga matang dan lunak
b. Menumis bumbu halus bersamaan dengan serai, daun jeruk, dan kayu manis hingga harum. Kemudian masukkan ke dalam air rebusan dan aduk.
c. Memasak kuah dengan api sedang hingga bumbu meresap, kemudian menambahkan santan kental dan memasak kembali sambil diaduk hingga mendidih dan matang.
3. Menyajikan Nasi Becek
Bahan dasar yaitu nasi hangat diletakkan pada mangkok kaca. Kemudian atasnya diberi tauge, irisan kubis, irisan seledri dan irisan daging kambing dan jeroan setelah itu disiram menggunakan kuah.

Karya: Llis Udkhulul J.

0 komentar:

Posting Komentar